Road Train, Bisa Nyetir Sambil Tidur

Headline

IST

Jangan heran jika suatu saat nanti ketika anda sedang berada di Eropa melihat seseorang sedang tidur saat mengendarai mobil. Sejumlah perusahaan otomotif dan beberapa perusahaan terkait dengan masalah transportasi di Eropa sedang mengembangkan sistem Road Train.

Siste ini memungkinkan kita tidak perlu lagi konsentrasi untuk mengendarai mobil.

Sistim ini tetap membutuhkan seseorang dengan mobil yang bisa dijadikan penunjuk jalan (disebut dengan Lead Vehicle) dan telah dipasang sebuah sensor.

Sistim ini seperti bebek dimana anak-anak bebek selalu mengikuti kemana si induk pergi.

Jadi dengan sistim Road Train ini, ketika anda mau bersantai, anda cukup mendekati mobil yang berada dalam jalur sistem Road Train dan secara otomatis, sistim akan mengambil alih kemudi dan mengikuti mobil yang ada di depannya sehingga anda bisa baca koran dan tidak perlu memperhatikan jalan.

Jumlah mobil yang bisa tersambung dengan sistim Road Train ini bisa beberapa dimana target pertama setidaknya lima mobil bisa ikut di bagian belakang Lead Vehicle.

Road Train sendiri menjanjikan selain aman, kita juga bisa cepat karena sistim ini bisa berjalan di atas kecepatan maksimum 90 km per jam.

Ketika anda merasa sudah sampai tujuan atau berbeda arah, anda cukup keluar dari jalur Road Train dan otomatis sistim akan mati dan kembali ke posisi manual.

Road Train saat ini masih dalam pengembangan dan diharapkan dapat diuji coba pada tahun 2012 nanti dengan kemampuan untuk menangani lima mobil di belakang Lead Vehicle.

Proyek ini merupakan kerjasama antara Sartre dengan Volvo dan beberapa perusahaan lainnya, total sekitar 7 perusahaan.

 

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: