Inilah Bukti Cinta Obat Paling Mujarab!

Inilah Bukti Cinta Obat Paling Mujarab!
ILUSTRASI

Apakah Anda percaya cinta bisa mengobati? Sebuah studi membuktikan hal ini. Ketua divisi manajemen nyeri di Universitas Stanford Amerika Serikat Dr Sean Mackey membuktikan hal ini.

Ia menganalisis bagaimana otak bereaksi terhadap rasa sakit dengan menggunakan functional MRI (fMRI), sebuah alat canggih pemindai otak yang dapat menunjukkan area otak yang aktif saat subyek diberikan tugas khusus seperti melihat gambar atau sensasi rasa sakit.

Penelitian dilakukan terhadap 15 pasangan. Masing-masing diminta untuk membawa foto orang yang paling disayangi serta teman terdekatnya. Foto teman berfungsi sebagai kontrol yang tidak menimbulkan daya tarik.

Kemudian setiap orang melakukan pemindaian fMRI dan ditunjukkan foto-foto tersebut berturut-turut. Sementara itu, salah satu tangan mereka memagang suatu perangkat yang dipanaskan sehingga menimbulkan rasa sakit ringan.

Setelah membandingkan cara otak bereaksi terhadap panas, Mackey menemukan bahwa melihat orang yang dicintai memungkinkan subyek menahan rasa sakit lebih lama daripada bila hanya melihat teman mereka. Bahkan yang menarik, cinta mengaktifkan bagian otak yang memiliki jalur beda dengan jalur analgesik (pereda nyeri) normal.

“Cinta melibatkan sistem sangat dalam, tua dan primitif yang melibatkan kebutuhan dasar, keinginan dan idaman, ada hubungan yang baik antara sistem penghargaan dengan sistem modulasi nyeri dan memperlihatkan bahwa cinta memang benar-benar bekerja mengurangi nyeri,” paparnya.

Itulah kenapa Mackey mengatakan banyak orang muda menggunakan narkoba untuk mempertegas penghargaan diri mereka. Dan ini sangat tidak disarankan.

Cinta dipercaya lebih aman digunakan dibandingkan obat-obat penghilang rasa sakit yang bisa menimbulkan efek samping.

“Jumlah rasa sakit yang kita alami mungkin akan dimodulasi oleh banyak faktor, dan sekarang kita tahu bahwa cinta adalah salah satu faktor tersebut.” imbuhnya.

sumber: sehatnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: