Hore…Warga Miskin Dapat Modal Usaha

Hore...Warga Miskin Dapat Modal Usaha
Gusti
Kades Tokelan bersama warganya yang mendapatkan bantuan paket sepeda sayur

Program pengentasan kemiskinan di wilayah provinsi Jawa Timur dirasakan warga Situbondo. Melalui progran bernama Jalin Kesra Disperindag Pemrov Jatim memberikan bantuan berupa modal usaha bagi masyarakat miskin di tiga kecamatan.


Kecamatan Kota, Panji dan Kendit di kabupaten ini mendapatkan kucuran dana ini. Kegiatan tersebut di pusatkan di pasar unggas kelurahan Mimbaan kecamatan Panji. Sebanyak 36 paket gerobak, 108 paket sepeda dan 138 paket sembako diberikan kepada 354 Rumah Tangga Sangat Miskin (RSTM). Masing-masing paket bantuan tersebut senilai Rp. 2 juta.

Ini merupakan bantuan stimulan untuk mengentas kemiskinan dan memberdayakan RTSM di wilayah Jawa Timur, termasuk kabupaten Situbondo. Untuk tahap pertama dilaksanakan di 3 kecamatan Kota, Panji dan Kendit, sedangkan selanjutnya kecamatn-kecamatan lainnya juga akan mendapatkan bantuan yang sama.

Sementara itu, Suwarmo, warga desa Tokelan yang mendapatkan paket sepeda mengungkapkan rasa senangnya karena dirinya bisa berjualan buah-buahan.

“Saya sehari-hari hanya mencari rumput mas untuk dijual kepada peternak, mulai sekarang saya bisa berjualan buah keliling setelah dapat bantuan dari pemerintah” ujar Suwarmo dengan mata berbinar.

Hal senada juga dikatakan Marni, warga kelurahan Mimbaan yang mendapatkan paket sembako. Wanita paruh baya yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang cuci tersebut mengaku sangat senang bisa merubah nasib dengan membuka usaha pracangan di rumahnya. Dia tidak perlu capek-capek lagi mencuci dan menyetrika pakaian yang hanya mendapat upah sedikit.

Paket yang didapat oleh para RTSM tersebut berupa paket gerobak Es, Nasi Goreng dan bakso beserta perlengkapan dan bahannya, Paket sepeda Onthel sayur dan buah beserta barang dagangannya dan Paket sembako berupa bahan-bahan kebutuhan lengkap mulai dari beras hingga bumbu dapur, ketiga paket berbeda tersebut masing-masing senilai Rp. 2 juta.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: