Perang Skutik Honda versus Yamaha Makin Sengit

Peta persaingan pasar sepeda motor di Indonesia

“Medan perang”  dua merek teratas sepeda motor nasional, yaitu antara  Honda dan Yamaha makin sengit. Honda – meski secara total unggul –  namun di medan skuter matik alias skutik  dan sepeda motor sport, masih kalah.  Karena itu, posisinya Honda, ibarat lagi main bola, terus melakukan tekanan gencar terhadap lawannya. Dalam hal ini tentu saja Yamaha .

Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-November 2010 total pasar skutik di Indonesia sudah mencapai 3.097.462 unit atau 45 persen dari total pasar 6.881.892 unit. Jumlah ini meningkat dibanding   penjualan 2009   tercatat 2.218.654 unit atau 37,7 persen dari total pasar 5.881.777 unit. 

Tahun lalu, Yamaha mendominasi skutik dengan model andalan Mio Series  dengan penjualan 1.237.302 unit  atau menguasai 55,7 persen. Sedangkan Honda hanya mampu memperoleh  penjualan 861.740 unit (38,8 persen).

Tahun ini Honda melakukan tekanan  gencar dengan mengerahkan wajah segar, yaitu  Scoopy dan PCX untuk memperkuat daya serang yang telah dilakukan oleh  BeAT dan  Vario Techno.  Hasilnya, sampai  November 2010, untuk skutik Honda kini berhasil mencatatkan penjualan 1.404.008 unit atau setara dengan pangsa 45,3 persen,  menempel ketat Yamaha yang masih memimpin dengan 1.541.543 unit (49,7 persen).

Skutik Inden
Sigit Kumala, Senior General Manager Sales Divison PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, penjualan Scoopy dan Vario pada tahun ini mampu mendongkrak pangsa skutik dalam jumlah berarti. Bahkan, permintaan kedua model ini masih tetap tinggi.

“Kalau Scoopy inden  satu sampai dua bulan, tergantung warn, maka Vario sekitar satu bulanan,” jelas  Sigit kepada KOMPAS.com, (12/12/2010).

Menanggapi makin ketatnya persaingan di segmen skutik, General Manager Promotion and Motorsport , PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Paulus Sugih Firmanto menyatakan, persaingan bisnis merupakan hal yang sehat. Sebagai pencipta tren (trend setter) di segmen ini, Yamaha tak mau sekedar mengikuti situasi yang ada.

“Fokus utama kami kepuasan konsumen. Kalau pangsa pasar nanti akan mengikutinya. Kita ini kan trend setter, jadi tak akan mengikuti kompetitor, tapi menciptakan sesuatu yang baru. Tinggal mempelajari apa yang diinginkan konsumen baru kita bergerak,” kilah Paulus.

Pasar Sepeda Motor Nasional Per November 2010

Merek
Bebek
Skuter
Sport Total
Honda 1.640.997 1.404.008 157.974 3.202.979
Yamaha 1.319.300 1.541.543 234.229 3.095.072
Suzuki 317.709 151.911 14.656 484.275
Kawasaki 17.000 62.566 79.566
Kanzen 1.815 1.815
TVS 16.137 2.048 18.185
Grand Total 3.312.958 3.097.462 471.473 6.881.892

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: