PENTING!!! Mengenal Reaksi Tubuh Pada Alergi

Mengenal Reaksi Tubuh Pada Alergi Beberapa orang menjadi sakit karena bersentuhan dengan zat yang mungkin tidak menimbulkan efek bagi orang lain. Nah, inilah yang dinamakan alergi yaitu respon abnormal sistem kekebalan terhadap benda asing dalam tubuh. Tidak sedikit orang memiliki kecenderungan alergi terhadao suatu jenis atau lainnya. Ini bisa didapatkan karena faktor keturunan atau atopi.

Bagaimanakah tubuh merespon terhadap alergen (benda asing penyebab alergi ini)? Dr miriam Stoppard dalam bukunya Panduan Kesehatan Keluarga merincikan alergen biasanya karena protein yang dianggap asing maka oleh tubuh dalam respon alami tubuh terhadap benda asing dengan cara membuangnya.

Tubuh membuat antibodi untuk menetralisir dan membuang alergen. Jika Anda membentuk antibodi bertemu dalam tubuh, maka ajan terjadi ledakan besar dengan pelepasan sejumlah besar zat kimia yang dapat mengiritasi jaringan dan bahkan memunculkan penyakit.

Salah satu contohnya adalah histamin yang mempersempit saluraqn bronkus dan menimbulkan suara mendengik (mengi) pada asma.

Geja;a penyakit alergi tergantung pada tempat terjadinya ledakan. Jadi jika ledakan tempat terjadinya ledakan. Jadi kalau ledakan terjadi pada kulit Anda akan mengalami ruam. Jika ini terjadi pada hidungm maka akan mengalami hidung gatal dan bersin. Dan jika terjadi pada paru-paru anda akan mengalami sesak nafas.

tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: