Butuh Rp 1,7 Miliar untuk Pulangkan TKI

Tenaga kerja Indonesia yang dideportasi menjalani pemeriksaan oleh petugas imigrasi di Pelabuhan Internasional Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kamis (26/2/2008). Sebanyak 152 TKI asal Indonesia dideportasi dari Malaysia setelah menjalani proses hukum akibat tak memiliki surat izin bekerja.

Untuk memulangkan sekitar 200-an TKI yang telantar di kolong jembatan Kendarah, Jeddah, Arab Saudi, dibutuhkan dana sebesar Rp 1,7 miliar. Itu artinya, butuh 1,7 juta orang penyumbang uang receh Rp 1.000. Padahal, dana sebesar itu hanya 0,9 persen dari anggaran k

“Coba bandingkan, biaya SBY ke luar negeri Rp 179 miliar. Dana pemulangan TKI hanya 0,9 persennya, tapi hingga sekarang pemerintah tidak juga terlihat berupaya memulangkan TKI di sana,” kata Direktur Migrant Care Anis Hidayah ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (12/1/2011).Migrant Care dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggelar aksi penggalangan dana Rp 1.000 untuk membantu pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang terlunta-lunta di Arab Saudi.

Selama tiga bulan lebih, ratusan TKI tersebut terpaksa tidur di ruang terbuka denga beralaskan tikar. Bahkan, kata Anis, untuk memperoleh makan, sebagian dari mereka terpaksa mengemis.

“Sangat memprihatinkan kondisinya, banyak perempuan dan anak-anak yang korban perdagangan,” katanya.

Menurut Anis, aksi penggalangan dana recehan ini dilakukan karena pemerintah dinilainya telah mengabaikan hak konstitusi para TKI yang telantar. Pemerintah seolah menutup mata. Tidak ada upaya diplomatis yang berarti untuk memulangkan mereka.

Malah, kata Anis, Kedutaan Besar RI justru menuduh ratusan TKI tersebut sengaja tidur dikolong jembatan agar dipulangkan gratis.  “Itu kontra produktif, menuduh supaya dipulangkan gratis,” imbuh dia.

Padahal, kata Anis, selama ini, TKI telah banyak berjasa dalam menambah pemasukan negara. “TKI setiap tahun menyumbang pajak miliaran, dan masukan devisa Rp 71 triliun,” katanya.

Penggalangan dana akan berlangsung selama satu bulan ke depan. Ratusan aktivis akan bergerak ke sejumlah tempat di Jakarta. Aksi solidaritas juga akan digelar di Hongkong dan Singapura. Dana yang terkumpul akan diserahkan ke Kementerian Luar Negeri.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: