Pria ‘M’ Rentan Alami Kebotakan

Pria 'M' Rentan Alami KebotakanPara pria boleh merasa sedikit tenang karena para ilmuwan berhasil mengungkap sebab-sebab kebotakan pada penelitian beberapa waktu lalu. Namun untuk menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat ada langkah-langkah yang harus dilakukan, terutama bagi pria dengan rambut bertipe ‘M’.

Berikut ini tips agar Anda terhindar dari kebotakan:

Jangan menyikat atau menyisir rambut terlalu keras
Hal ini dilarang karena bisa menarik kulit kepala hingga rambut keluar dari akarnya. Menyisir rambut terlalu keras juga merusak folikel rambut. “Jangan pernah kasar pada rambut, keramas dan bersisirlah dengan lembut” jelas ahli bedah restorasi rambut dari Manchester, Dr Bessam Farjo.

Sarapan Protein
Rambut harus memiliki keratin agar mendapat kekuatan. “Makan sedikit protein membuat keratin tak terproduksi secara baik. Ini akan membuat rambut kehilangan kekuatan dan berhenti tumbuh.” jelas salah satu konsultan trichologist terkemuka, Philip Kingsley. Sarapan menurut Kingsley juga sangat penting untuk meningkatkan folikel rambut Anda.

Hindari menggunakan produk berbahan dasar Petroleum
Ada beberapa bukti ilmiah yang menyebutkan pertoleum dapat mengganggu folikel rambut hingga rambut sulit tumbuh. Bahan ini biasa terdapat dalam beberapa produk penataan rambut. “Bila terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama apalagi. Rambut bisa berhenti tumbuh dan rontok. Untuk itu pilih produk berbahan dasar air” terang salah satu penata rambut terkenal
Jimmy Campbell.

Hindari Stres

Sebab stres membuat pria memproduksi hormon testosteron dan dihidrotestosteron lebih tinggi dari keadaan normal. Hormon-hormon inilah yang membuat pertumbuhan rambut lebih sedikit.

Hormon tersebut meresap ke batang rambut dan menyebabkan rambut jadi lebih tipis, belum lagi anak-anak rambut pun akan berhenti tumbuh.

Tingkatkan Zat Besi
Kurangnya zat besi juga bisa menyebabkan rambut rontok. Jika Anda tidak memiliki cukup asupan zat besi siklus pertumbuhan rambut normal akan terganggu. Untuk itu makan makanan kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran hijau tua, kacang-kacangan dan buah-buahan kering, akan membantu mengurangi kelebihan ini rambut shedding.

Jangan sering mewarnai rambut Anda
Sering menjalani pewarnaan rambut telah banyak dikethaui dapat menyebabkan rambut rontok. Sebab produk bleaching yang biasanya digunakan dalam proses itu membuat rambut kehilangan kelembaban alami hingga kering, rapuh dan pecah-pecah” kata salah satu ahli Dr Farjo.

Stop merokok
Penelitian terbaru dari jurnal Archives of Dermatology menunjukkan bahwa rokok juga dapat membuat rambut rontok. Zat dalam rokok membuat suplai darah ke folikel rambut terhambat. Radikal bebas yang dihasilkan dari asap rokok juga membuatnya mudah rontok. (fen)

Sumber: Sehat News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: