Tips Agar Si Kecil Tak Benci Mandi

Mandi tak hanya menjadi aktivitas membersihkan tubuh, tapi juga wahana menyenangkan.
Apakah Anda sering kesulitan mengajak atau meminta buah hati mandi? Dengan sedikit trik, mandi tak hanya menjadi aktivitas membersihkan tubuh, tapi juga wahana menyenangkan bagi anak.

Ada banyak cara membuat si kecil menikmati waktu mandinya. Berikut lima cara yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari Idiva:

Mainan dalam bak mandi
Jika si kecil tak suka dengan kegiatan mandi, coba sebarkan mainan lucu dalam bak mandinya. Bisa boneka bebek dari karet atau ikan dengan warna menyala. Cara ini bisa membuatnya sibuk dengan mainan sehingga memudahkan Anda untuk memandikannya dengan cepat.

Dongeng fantasi
Anak-anak menyukai dongeng. Pada kenyataannya, mereka suka membayangkan bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan adalah bagian dari sebuah dongeng. Jadi biarkan dia berpikir bahwa mandi juga sebagai bagian dari dongeng.

Perintahkan si kecil untuk berdiri di bawah pancuran dan menggambarkan adanya hujan. Memintanya untuk menutup mata dan merasakan dinginnya hujan membasahi tubuhnya. Anda bahkan bisa menggunakan mainan untuk menambah cerita.

Sabun dan busa
Banyak anak-anak enggan mandi menggunakan sabun karena busa menyebabkan pedih di mata. Untuk menghindarinya, Anda harus memilih sabun yang tepat. Pastikan sabun itu lembut di kulitnya. Dan bisa juga membeli busa mandi yang bisa membuat aktivitas mandinya menjadi lebih menyenangkan.

Luangkan waktu
Nikmatilah saat memandikan si kecil dengan tangan Anda sendiri, karena kegiatan ini memberi kesempatan untuk meningkatkan ikatan emosional Anda dengan si kecil. Ini juga bisa menjadi momen yang tepat untuk bertukar cerita dengan si kecil, baik membicarakan tentang teman sekolahnya atau menanyakan tentang aktivitasnya di sekolah.

Berikan kehangatan
Setelah mandi menyenangkan, coba manjakan buah hati dengan balutan handuk hangat. Bisa membalutnya dengan piyama favoritnya, atau handuk dengan motif karton kesukaan. Setelahnya, beri si kecil camilan atau minuman yang bisa menghangatkannya. Berikan padangan secangkir coklat panas atau semangkuk sup yang membuatnya merasa semakin dekat dengan Anda.

 

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: