Jangan Beri Obat Cacing Bila Si Kecil Tak Cacingan!

Bila anak Anda belum tentu cacingan sebaiknya jangan diberi obat cacingan. Periksakan feses anak dua kali setahun atau setiap enam bulan sekali.

Jika anak Anda belum positif cacingan jangan pernah memberikan obat cacing, sebab menurut Professor Saleha Sungkar DAP & E,MS dari Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memberikan obat cacing haruslah didahului dengan diagnosa positif cacingan dari dokter.

“Selama ini banyak orangtua telah keliru dengan memberikan obat cacing teratur selama enam bulan sekali padahal sang anak belum tentu cacingan” jelas Saleha pada sebuah acara waspada cacing di Jakarta.

Untuk itu Saleha menyarankan agar setiap orang tua yang telah melihat gejala cacingan pada anaknya untuk
memeriksakan feses sang anak ke laboratorium terlebih dahulu.

“Biasanya orang tuanya merasa jijik mengambil feses anak sebagai sampel dan merasa obat cacing yang biasanya berdosis tunggal tak berbahaya jika langsung dikonsumsi anak tanpa harus memeriksakan feses. Padahal yang namanya obat pasti ada efek sampingnya sekecil apapun” tambah Saleha.

Professor yang sedang melakukan penelitian bahaya telur cacing pada makanan kaki lima ini justru menyarankan agar pemeriksaan feseslah yang harus dilakukan enam bulan sekali.

“Enam bulan sekali bukannya minum obat cacing tapi periksakan feses ke laboratorium agar anak selalu bebas cacing” jelasnya.

Cacingan adalah keadaan dimana seseorang terserang berbagai macam cacing yang dapat merusak kesehatan.  Akibat cacingan sangat beragam salah satunya kurang darah, dan diare.

 

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: