VIDEO: Lapangan Tahrir, Saksi Revolusi Mesir

Mesir bergolak, pemerintahan Presiden Hosni Mubarak  yang berkuasa selama 30 tahun terancam terjungkal. Di sebuah lapangan di Kota Kairo, ratusan ribu orang berkumpul, menuntut revolusi. Menuntut Hosni Mubarak mundur.

Namanya Tahrir Square,  lapangan ini sontak mendunia, dan jadi trending di situs mesin pencari, Google. Lihat video ratusan ribu orang di Lapangan Tahrir di sini

Lapangan Tahrir,  yang berarti pembebasan,  menjadi episentrum pemberontakan masyarakat Mesir. Dan bukan  kali ini saja ia menjadi titik nol pergolakan.

Sejumlah saksi sejarah di Mesir menyebutkan bahwa area di mana lapangan itu ada memiliki peran penting dalam sejarah sejak abad ke-13. Namun, desain lapangan kotak baru dirancang di abad-19. Lapangan itu dibangun oleh arsitek Ali Pasha Mubarak — yang namanya kebetulan sama dengan presiden Mesir saat ini.

Lapangan itu  awalnya bernama Maidan Ismailia lalu menjadi Maidan al-Tahrir atau Lapangan Pembebasan pada tahun 1954 — setelah revolusi Mesir 1952 mengubah pemerintahan Mesir dari monarkhi konstitusional menjadi republik.

Setelah itu, Lapangan Tahrir menjadi lokasi protes besar dan demonstrasi bertahun-tahun kemudian, termasuk kerusuhan ‘roti’ tahun 1977 — protes kelas bawah yang menentang Bank Dunia dan IMF. Di lapangan itu juga,  ribuan orang berkumpul  memprotes perang Irak.

Esensi Lapangan Tahrir digambarkan oleh penulis mesir, Samir Raafat dalam Cairo Times: “Maidan al-Tahrir tak pernah duduk diam. apakah itu mencerminkan suasana hati kota atau agenda politik. Plasa paling penting di negeri ini telah berlalu dari Champs de Mars ke pelataran Stalinesque. Kapanpun, setiap rezim baru merasa ibu kota butuh tampilan baru, Midanmenjadi tempat untuk memulainya.” (Al Jazeera)

sumber

 

berikut cuplikan video pidato Hosni Mubarak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: