Jika Tubuh Sedang Drop, Lakukan Ini!

Saat kondisi tubuh sedang drop karena terlalu lelah maka dibutuhkan asupan energi untuk membantunya semangat kembali. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan seseorang jika tubuhnya sedang capek atau drop.

Tubuh yang lelah atau capek bisa disebabkan banyak faktor, seperti kebanyakan aktivitas, jam tidur kurang, stres, depresi, pengaruh cuaca, penyakit tertentu hingga banyak pikiran yang bisa menimbulkan tekanan bagi tubuh.

Kondisi tubuh yang lelah atau sedang drop ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa menimbulkan beberapa efek bagi tubuh. Karena itu ketahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat tubuh sedang capek, seperti dikutip dari WebMD, Selasa (22/2/2011) yaitu:

1. Beristirahat untuk mendapatkan kembali energi
Saat lelah maka tubuh umumnya tidak mendapatkan asupan energi yang cukup, karena itu beristirahat sejenak atau melakukan tidur siang singkat bisa membantu tubuh mendapatkan energi dan menghilangkan rasa lelah.

2. Jangan melewatkan waktu sarapan
Saat lelah umumnya orang menjadi kurang nafsu untuk makan, tapi sebaiknya jangan melewatkan sarapan meskipun tidak merasa lapar. Studi menunjukkan sarapan bisa membuat seseorang merasa lebih baik secara mental dan juga fisik, serta bisa menurunkan tingkat hormon stres kortisol.

3. Makanlah setiap 3-4 jam sekali
Mengonsumsi makanan setiap 3-4 jam sekali dengan jadwal tiga porsi makan serta dua kali cemilan bisa membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat energi yang stabil sepanjang hari. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat sehingga bisa memberi daya tahan terhadap energi serta asupan omega-3 yang bisa mendorong tubuh untuk menyimpan karbohidrat dalam bentuk glikogen (bentuk penyimpanan glukosa).

4. Mengonsumsi air sehingga tubuh tetap terhidrasi
Dehidrasi ringan bisa menyebabkan penebalan pembuluh darah sehingga memaksa jantung memompa lebih keras untuk membawa darah ke sel-sel dan organ, kondisi ini mengakibatkan kelelahan. Selain itu mengonsumsi air bisa menyegarkan pikiran dan saraf sehingga seseorang bisa mendapatkan energi kembali. Konsumsi air juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti semangka, jeruk.

5. Hindari mengonsumsi kafein saat tubuh lelah
Minuman kafein dipercaya bisa membantu seseorang tetap terjaga. Tapi jika kondisi tubuh sedang capek atau lelah, maka yang diperlukan tubuh adalah istirahat dan jangan memaksanya untuk tetap terjaga. Selain itu kafein yang dikonsumsi juga bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari.

6. Mendengarkan musik yang menenangkan
Mendengarkan musik adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi ketegangan, mengalihkan perhatian tubuh dari rasa lelah dan meningkatkan energi. Agar tubuh bisa beristirahat dengan baik, cobalah pasang musik yang menenangkan sambil memejamkan mata di atas tempat tidur.

7. Luangkan waktu untuk terkena sinar matahari pagi
Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Hal ini karena sinar matahari bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan membuat seseorang bisa aktif di siang hari.

8. Melakukan olahraga ringan
Saat lelah orang cenderung malas untuk melakukan apa-apa, tapi cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau berenang. Olahraga ringan ini akan memberikan gerakan ke seluruh tubuh dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

 

detikhealth.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: