Barang yang Dapat Mengancam Kesehatan Sperma


ilustrasiBagi seorang pria, kesuburan sperma adalah salah satu modal paling berharga. Tapi siapa sangka, jika sperma bisa terbunuh sebelum mencapai ovum dalam rahim pasangan?
Ya, pembunuh sperma ternyata ada di mana-mana: kamar mandi, kertas tanda terima, bahkan dalam makanan. Tidak peduli dari mana jalan masuknya, banyak barang sehari-hari mengganggu mobilitas ‘perenang’ Anda ini.

Mungkin, sebelumnya Anda sudah tahu bahwa jok sepeda dikaitkan dengan disfungsi ereksi, atau mendengar tentang studi yang menghubungkan antidepresan pada kerusakan DNA sperma. Padahal, barang sehari-hari juga bisa membunuh sperma.

Berikut, beberapa di antaranya plus cara melindungi diri Anda, seperti dikutip dari Yahoo.

Kertas mesin kasir

Pikirkan berapa kali sehari Anda menerima kertas tanda terima dari mesin kasir (cash register), mulai dari beli kopi di kafe, mengisi bensin, membeli camilan di minimarket, makan malam, hingga menonton film.

Masalahnya, sekira 40 persen kertas itu dilapisi bahan kimia pengganggu hormon bisphenol-A (BPA) yang telah dikaitkan dengan masalah kesuburan dan penyakit jantung. Kalau tangan bersentuhan dengannya dan Anda pakai untuk memegang makanan, BPA pasti masuk dalam tubuh.

Sebuah studi baru yang diterbitkan jurnal Fertility and Sterility menyatakan, pria dengan kadar BPA lebih tinggi dalam urin mereka memiliki jumlah sperma yang rendah dan kualitas spermanya menurun dibandingkan pria dengan kadar BPA lebih rendah.

Meskipun belum ada bukti keterkaitan dengan infertilitas, tak ada salahnya melindungi diri dengan menolak tanda terima setiap pembelian. Jika Anda memerlukannya, simpan dalam amplop atau folder, bukan di saku atau dompet di mana tangan Anda terus bersentuhan dengannya.

Kaleng makanan

Banyak peneliti percaya bahwa sumber terbesar dari pencemaran BPA datang melalui makanan kemasan. Tentu, makanan kaleng lebih praktis, tapi hampir semua kaleng logamnya dilapisi dengan resin BPA, yang bermigrasi ke dalam makanan. Asam produk kalengan, seperti pasta tomat atau saus, sangat penuh dengan BPA.

Lindungi diri Anda dengan sedapat mungkin mengonsumsi makanan segar atau beku, bukan kalengan. Juga, lebih baik membeli makanan seperti saus pasta dalam kemasan kaca daripada kaleng.

Mainan seks

Tidak semua mainan seks itu buruk, tapi untuk melindungi diri Anda dan pasangan, hindari dildo, vibrator, dan perangkat kesenangan pria yang terbuat dari vinyl. Ini adalah jenis plastik yang bisa melepaskan phthalates, bahan kimia pelembut plastik yang dikaitkan dengan kanker, alergi, cacat lahir, dan infertilitas.

Lebih baik, panaskan kehidupan seks Anda dengan produk seks “hijau” (ramah lingkungan) yang terbuat dari silikon medis berkualitas tinggi. Sementara untuk kesenangan berbahan nonplastik, cobalah dildo berbahan kaca.

Peralatan mandi

Phthalates tidak hanya terdapat pada mainan seks, tetapi juga sabun wangi, shampo, pembersih, dan tirai shower berbahan vinyl. (Pernahkah Anda memperhatikan bahwa tirai ini dapat membuat Anda pusing ketika pertama kali digantung?). Dan, panas dari shower mandi Anda memudahkan bahan kimia ini dilepaskan.

Lindungi diri Anda dengan memilih sabun dan shampo berbahan tanaman ataupun tanpa wewangian, misalnya sabun anak. Dan, lebih baik memakai tirai kamar mandi berbahan rami yang tahan lama daripada tirai vinyl.

Pestisida dalam makanan

Pestisida dirancang untuk membunuh hama, sekaligus sperma Anda. Lindungi diri Anda dengan selalu mencuci sayuran, buah-buah, dan bahan makanan lain yang akan Anda konsumsi. Namun, pestisida tidak hanya pada makanan, tapi juga dalam makanan. Jadi, makan bahan makanan organik bila memungkinkan.

sumber

feel free to ‘share’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: