Enam Cara Menghemat Air

Selama ini Anda mungkin tidak kesulitan untuk mendapat air bersih. Walapun begitu jika Anda tidak menghemat air dan menjaganya, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun mendatang air bersih bisa jadi kebutuhan yang langka.

Itulah sebabnya Anda harus memulai kebiasaan menghemat air. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan air mulai dari  sekarang, berikut enam caranya.

1. Hindari botol plastikAir mineral yang dikemas dalam botol plastik sekali pakai sangat tidak efisien. Kemasan botol plastik sangat sulit mengurai dalam tanah, untuk mengurai pun membutuhkan waktu lama. Racun dalam botol plastik juga bisa mengontaminasi tanah dan sumber-sumber air. Sebaiknya gunakan botol kemasan yang bisa digunakan berkali-kali dan diisi ulang.

2. Gunakan filter airJika Anda peduli dengan kualitas air, untuk mendapatkan air minum gunakanlah alat filter air. Lebih hemat karena Anda tidak perlu membeli air setiap waktu dan tidak memerlukan plastik galon. Mudah, murah dan bebas sampah.

3. Dekatkan showerTempatkan shower lebih dekat dengan kepala. Ini akan membuat Anda berbilas lebih cepat, sehingga mandi bisa dilakukan dalam lima menit maksimal 10 menit.

4. Ganti flush toiletBanyak toilet yang boros air. Jika toilet Anda demikian segera ganti dengan tombol flush baru yang lebih hemat air.

5. Kurangi rumputJangan terlalu banyak menanam rumput. Untuk memeliharanya membutuhkan banyak air. Pilih saja tanaman yang tidak terlalu banyak air untuk memeliharanya. Anda bisa menanyakannya pada penjual tanaman.

6. Jangan biarkan kran bocorSegera perbaiki atau ganti jika ada kran yang bocor. Membiarkannya hanya akan membuat air terbuang percuma. Belum lagi pompa yang bisa terus-menerus menyala. Bukan hanya menghemat air tetapi juga listrik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: