Berlindung Dari Gangguan Situs Sampah Yang Terkutuk

Hingga beberapa saat yang lalu, saya masih maklum akan hadirnya situs-situs sampah di halaman pertama pencarian google. Pembenaran yang saya pakai “Yah, namanya juga orang deperate cari duit, maklum lah, lagian saya juga bisa memilah kok.”

Namun suatu hari Ibu yang sendirian belajar internet tiba-tiba berteriak memaki, “Ini internet kenapa ya, udah di klik kok cuma bolak-balik disini-sini aja!?” Lalu hari lain seorang saudari mengeluh, “Ini situs kok sering banget keluar di halaman pertama google, padahal isinya cuma kata-kata berantakan”.

Dan saya pun tercerahkan.

Situs-situs sampah yang sepertinya AGC (Auto Generated Content) itu ternyata tidak hanya menipu google, tapi juga membuat orang-orang lugu dan pemula internet terzalimi. Si pembuat situs mencari uang dengan memanipulasi algoritma google agar sampah mereka tampil sebagai hasil pencarian teratas, dan akhirnya membuat para pencari tersesat dan klak-klik tanpa hasil dalam situs sampah mereka.

Kejahatan akan merajalela jika orang-orang baik memilih diam. Jadi apa yang bisa dilakukan sebagai perlawanan?

Pertama, kenalkan para pemula dengan situs sampah, bagaimana ciri-cirinya dan beritahu apa yang bisa dilakukan.

Langkah kedua, mempersenjatai pengguna agar dapat melindungi diri dari gangguan berulang.  Ini dapat dilakukan dengan mengganti browser mereka dengan Google Chrome dan tambahkan ekstensi Personal Blocklist.

Setelah memasang Personal Blocklist, di kanan atas layar akan tampil gambar telapak tangan seperti tampak di kanan paragraf ini. Setiap kali kita dibawa ke situs sampah, kita tekan saja tombol tersebut. Akan muncul pop up, lalu klik “block current host: …” Setelah itu, situs sampah tersebut tak akan keluar lagi di hasil pencarian kita. Cukup dengan dua klik, selamanya bebas dari situs sampah.

Jika Anda belum puas, dapat tambah lagi Google Webspam Report. Gunanya persis seperti namanya: melaporkan sampah-sampah yang mengotori hasil pencarian Google. Prosedurnya sedikit lebih repot, harus dalam keadaan login di google dan sedikit menjelaskan alasan pelaporan. Tapi juga sedikit lebih puaaas, apalagi kalau situs yang dilaporkan akhirnya lenyap dari halaman pertama>:D

Demikian.

Silakan menambahkan.

Tautan yang mungkin berguna:

 

dari: http://guhpraset.wordpress.com

Satu Tanggapan

  1. thx gan,sangat berguna ini informasi buat saya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: