Pemberian Gizi Anak Mulai Sejak di Kandungan

image

Unit Pengelola Sosial, Badan Keswadayaan Masyarakat Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengkampanyekan pentingnya asupan gizi bagi anak berusia di bawah lima tahun.

 

“Melalui kampanye ini diharapkan masyarakat semakin memahami apa saja makanan yang baik dan bergizi untuk anak bawah lima tahun (balita) sekaligus dapat merealisasikannya demi kesehatan balita,” kata Koordinator Unit Pengelola Sosial (UPS) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Trirenggo, Kasimin di Bantul, Kamis.

Menurut dia, kegiatan yang berupa penyuluhan terkait pentingnya pemberian gizi tersebut dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri perkotaan.

Ia mengatakan, kegiatan yang diikuti dengan pembagian makanan dan minuman bergizi bagi balita dari kalangan keluarga kurang mampu tersebut telah dianggarkan melalui PNPM Mandiri sebesar Rp6,8 juta.

“Paket makanan yang diberikan diantaranya susu, sereal, biskuit dan bubur bayi, pemberian makanan ini diharapkan dapat membantu pemberian makanan yang sehat kepada balita,” katanya.

Sementara itu, petugas penyuluh kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rinawati Rahayu mengatakan untuk membentuk jiwa manusia yang sehat dan kuat harus dimulai dari dalam kandungan.

“Pemberian gizi harus dimulai dari ibu mengandung hingga berlanjut setelah bayi lahir sehingga anak akan tumbuh kembang dengan baik sesuai dengan usia perkembangannya,” katanya.

Menurut dia dengan bertambahnya usia anak semakin bertambah pula kebutuhan untuk memberikan makanan bergizi terhadap anak demi perkembangan dan kesehatannya.

“Untuk itu seiring bertambah usia anak makanan juga perlu ada variasi makanan bergizi bergizi yang berkualitas bagi anak dimana yang sesuai dengan empat sehat lima sempurna,” katanya.

sumber

Tinggalkan komentar