Design Kapal Induk untuk Negeriku INDONESIA


Ter inspirasi dengan di anggap remehnya negara kita oleh malaysia, maka dengan menguras pikiran saya mencoba untuk men-desain kapal induk untuk republik yang kita cintai ini, mungkin diantara agan2x ada yang menyukai atau ada juga yg tidak menyukai, bagi saya itu adalah hal lumrah, dan bagi saya ini hanya hayalan belaka dan tidak akan sampai ter-realisasi kan, ya mudah2x aja negara kita ini ada kemauan untuk membangun kapal sebesar ini, demi untuk menjaga kedaulatan dan martabat bangsa.


tampak atas

tampak depan

tampak belakang

perbandingan sekala

Dengan adanya pemusatan populasi di daerah dekat lautan, keberadaan AL dapat mempengaruhi peristiwa dunia. Serangan dari laut merupakan salah satu hal vital dalam strategi militer. AL dapat menyediakan sarana bagi angkatan lain untuk melakukan penyerangan lanjutan, seperti ”tempat tinggal” yang aman bagi tentara, pelabuhan dan lapangan terbang di lautan. Hal ini dapat dipenuhi dengan adanya kapal induk.
Sebuah kapal induk init mengangkut lebih dari 100 pesawat dan 8000 tentara. Sebuah kapal induk dengan 70 pesawat militer dapat mengirimkan lebih dari 250 serangan sehari terhadap target di daerah pesisir. Akan tetapi, target dengan jarak yang relatif jauh masih dapat diserang, bukan hanya di daerah pesisir. Sebuah kapal induk biasanya membawa stok bom lebih dari 9000 buah.

Class and type: giant double deck-class aircraft carrier
Displacement: 170,000 long tons [2]
Length: Overall: N/A
Waterline: N/A
Beam: Overall: N/A
Waterline: N/A
Speed: N/A
Range: Essentially unlimited distance; 25 years
Complement: Ship’s company: 4,700
Air wing: N/A
Electronic warfare
and decoys: SLQ-32A(V)4 Countermeasures suite
SLQ-25A Nixie torpedo countermeasures
Armament: 2 × 21 cell Sea RAM
2 × Mk 29 Sea Sparrow
Armor: Classified
Aircraft carried: 120 fixed wing and helicopters
Terminal for sub-marines : 2 terminal

prototype

Kapal Induk ini menggunakan mesin bertenaga nuklir yang diperoleh dari reaktor nuklir yang berada pada kapal tersebut yang dihubungkan dengan turbin uap. Tenaga uap yang dihasilkan kapal Induk tersebut selain sebagai penggerak kapal juga digunakan sebagai suber tenaga listrik serta tenaga uapnya digunakan sebagai pengatur tekanan pada catapult kapal induk untuk meluncurkan pesawat. Untuk Armada Amerika serikat kapal ini diberi kode CVN contoh kapal induk nuklir adalah USS Ronald Reagan, USS Kitty Hawk, USS Enterprise.

in 3D

in panorama

Kapal induk (bahasa Inggris: carrier vessel, CV) adalah sebutan untuk kapal perang yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

Sejarah Kapal Induk

Kapal induk pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, namun sampai menjelang perang dunia kedua negara-negara barat termasuk Amerika Serikat masih enggan menggunakannya sebagai kekuatan Angkatan laut utama. Konsep konvensional armada angkatan laut saat itu didominasi oleh Kapal jelajah berat, Kapal jelajah, Kapal perusak (destroyer) dengan ukuran meriam yang cukup besar hal ini memang disebabkan bahwa kapal induk dipandang cukup rentan dan riskan bila digunakan dalam operasi maritim.
Adalah Angkatan Laut Jepang (Kaigun) yang menggunakan kapal Induk secara efektif pada awal perang dunia II. Akibat perjanjian maritim antara Inggris Amerika dan Jepang serta Perancis dan Jerman disepakati rasio tonase 5:5:3:1,5:1,5 untuk USA, Inggris, Jepang, Perancis dan Jerman membuat Jepang mengakalinya dengan membuat kapal induk ukuran sedang tetapi dilengkapi kekuatan udara yang mematikan sekalipun menuai kemarahan dari pihak militer sendiri. Bukti dari rekayasa Jepang adalah serangan atas Pearl Harbour 9 Desember 1941 yang menyadarkan Barat akan fungsi kapal induk yang dapat melakukan serangan mematikan atas instalasi sasaran lawan. Saat mulainya Perang Pasifik, Jepang memiliki 6 kapal induk yaitu Akagi, Kaga, Soryu, Hiryu, Shokaku, dan Zuikaku, dan 2 kapal induk ringan yaitu Hosho dan Ryujo. Jepang kehilangan 4 kapal induknya pada Pertempuran Midway, yaitu Akagi, Kaga, Soryu, dan Hiryu. Sejak saat itu, ofensif-ofensif Jepang menggunakan kapal induk sudah dihentikan dan menjadi tidak berarti lagi.

 

sumbangsih seorang anak bangsa untuk INDONESIA

 

kaskus.us

About these ads

34 Tanggapan

  1. ass…. salam sjahtera buat kta smua , pak sy ingin nanya kapan kira2 kapal induk indonesia akan jadi ?
    by anak smk jurusan permesinan .

  2. Saya sangat sependapat dengan anda dan semoga demi kejayaan bangsa dan tanah air yang meliputi bahari dari sabang sampai papua hal ini dapat segera terealisasi dan bukan hanya sekedar mimpi belaka.saya senang ternyata masih ada putra negri ini yang sepaham dengan saya.bravo teruskan dan wujudkan mimpi kita.selamat datang KRI INDUK NUSANTARA

    APOEK (KUALA)

  3. saya setuju sekali,untuk mengembalikan harkat dan wibawa bangsa.jika aku jadi presiden akan aku realisasikan mimpi itu,
    membuat armada yang kuat….

  4. bagus tuh untuk melindungi perairan indonesia yang luas, kalo ada beneran, USS Nimitz pun ga ada apa-apanya…!

  5. Insya Allah tahun 2012 di realisasi kan…..amin.

  6. Semoga Indonesia secepatnya punya kapal induk, dan tidak diterlantarkan di masa depan nya.
    Hidup Indonesia.

  7. indonesia baru akan punya kapal induk pada tahun 2500 setelah amerika memberi kapal induk bekas karam di laut.,..

  8. desain yang hebat……

  9. desain’y bagus…
    saya suka, coba desain yg laen…

    :) :) :)

  10. Jangan dulu mimpi bikin kapal induk,….di kalangan militer saja korupsinya terbesar se indonesia,..KPK pun ga berani masik ke ranah militer….wkwkwkwwk

  11. lanjutkan,,,,,indonesia pasti bisa,,,, jangan ada kata menyerah…..

  12. cara menggambar-nya gimana om
    mohon di balasss ….
    di email:bagus_gaul_jie10@yahoo.co.id

  13. hebat, sangat salut,

    jales veva jaya mahe, Indonesia Bisa

  14. Keren abis,harus direalisasikan,meskipun akan membuat negara jadi banyak utangnya,masyarakat RI akan bangga!

  15. klaw indonesia punya 12 kapal kaya gitu indonesia pasti ada di urutan nomor 1 di http://www.globalfirepower.com

  16. Harus kita sadari sebagian besar luas wilayah NKRI adalah Laut, Oleh sebab itu perlu sekali penjaga wilayah yang super canggih dan mampu berpindah-pindah karena betapa luasnya wilayah kita. Oleh sebab itu jawabannya hanyalah Kapal induk dan kalau membuat pangkalan di darat biaya akan jauh lebih besar.. saya rasa lebih efesien jika kita buat lebih banyak kapal induk, disamping pangkalan daratpun kita perlukan.

  17. EH BAGI YANG BUAT DESIGN KAPAL INDUK INDONESIA
    BAGAIMANA GAMBARAN DARI ATAS???

  18. fikiran anda sangat mempengaruhi bangsa di mata dunia,semoga disain kapal induk buatan anda ditanggap cepat oleh presiden.

  19. mudahan terjadi nih kapal induk kita buat beda sendiri kapal induk indonesia terkenal dengan berani beda kita buat amerika terbengong

  20. bagus desainnya, apakah desain ini bakal dibuat beneran. atau hanya bertahan sebagai desain tanpa adanya lanjutan :(

  21. Ralat dikit masbro..USS Kitty Hawk tidak termasuk CVN tapi CV..
    CVN atau Carrier Veseel Nuclear ,,
    hanya ada pada Kapal Induk kelas Enterprise & Nimitz…

  22. Semua berawal dari mimpi dan tugas kita-kita lah dan generasi muda penerus bangsa yang akan mewujudkan mimpi itu.
    Bravo atas ide dan gagasannya, semoga Allah swt memberikan kemudahan jalan bagi terwujudnya kapal induk ini agar kedaulatan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini tidak dilecehkan dan direndahkan lagi oleh negara-negara tetangga. Maju terus Indonesiaku !!!

  23. kalau kapal induk dah jadi aku mo ikut partisipasi tuk buat senjata agar negara gak beli senjata ke luar negeri….aku cinta indonesia……..

  24. hebat bangat inspirasinya gan,, salut gw ama loe.. moga2 aja pemimpin negara ini memiliki rencana untuk indonesia agar bisa membuat kapal induk sendiri…

  25. mantap gan

  26. kapan mas?
    malu donk kita….masak negara maritim, tpi gak punya kapal induk

  27. KAppan Pembikinan’a Ini Bissa Terlaksanakan … ???

    Bangsa Indonesia Udah menunggu Untuk JAdi Nomor satu Di Dunia

  28. yang laen pada banyak omong aja,cman tau ngehina…entar kapalnya udah jadi kenyataan baru mau ngakuin kalo indonesia hebat,aku cinta indonesia lah…seharusnya kita semua harus bangga menjadi rakyat indonesia yg kaya akan alam dan budaya..muda2han inspirasinya dengan membuat KRI INDUK NUSANTARA bisa terealisasikan.amin

  29. Assalamualaikum Wr Wb
    jujur sungguh pemikiran bapak jenius sekali, dan saya juga berharap negara kita yang tercinta ini punya kapal induk untuk memperkokoh pertahanan negara serta menjaga kedaulatan dan kesatuan republik Indonesia. Apa lagi negara kita ini terletak yang sangat strategis, berada di garis khatulistiwa, kemudian diapit oleh dua samudra (Hindia dan Pasifik)dan membutuhkan kapal induk tersebut untuk melindungi negara kita dari musuh barat, musuh timur, musuh selatan dan utara

  30. harusnya pengelola bangsa punya niat baik jernih seperti anda. tdk harus berfikir partai terus

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: